Turunkan Angka Stunting Melalui Aplikasi Sipoya Tone, Ini Fungsinya

Turunkan Angka Stunting Melalui Aplikasi Sipoya Tone, Ini Fungsinya

Bupati Sanggau, Paolus Hadi manandatangani komitmen bersama pencegahan stunting--

SANGGAU, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Bupati Kabupaten Sanggau, Paolus Hadi melakukan peresmian aplikasi posyandu tangan online (Sipoya tone) di Kota Sanggau, Rabu 31 Mei 2023.

BACA JUGA:Pastikan WBP di Kabupaten Langkat Gunakan Hak Pilih dalam Pemilu 2024, Segini Jumlahnya

Aplikasi tersebut bertujuan untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten Sanggau serta mempermudah penanganannya melalui keakuratan data

"Inovasi tersebut sangatlah penting karena berkaitan dengan data. dikarenakan, selama ini ada dua sumber data yang berbeda yakni Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (e-PPGBM) Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) dari Kemenkes.

Selain itu, aplikasi ini tidak akan mampu menjawab jika tidak dibarengi dengan kerja nyatanya. Data ini akan memperlihatkan anak ini stunting atau tidak? Mengapa anak ini stunting, apa penyebabnya dan bagaimana penanganannya. Yang jelas data ini harus valid," ungkap Paolus Hadi.

BACA JUGA:Pastikan WBP di Kabupaten Langkat Gunakan Hak Pilih dalam Pemilu 2024, Segini Jumlahnya

BACA JUGA:Basolia Kota Bogor Gelar Tapak Tilas Keberagaman, Kunjungi Rumah Ibadah Berbagai Agama

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting mengatakan, aplikasi Spoya tone digunakan untuk memperbaiki data dan pelayanan penanganan stunting.

"Kenapa dikatakan memperbaiki data karena selama ini kita belum mempunyai data by name by address untuk ibu hamil maupun balita," kata Ginting.

BACA JUGA:Maestro Seni Tradisi Pencipta Gending Sragenan Karno KD Meninggal Dunia

BACA JUGA:PT Arta Boga Cemerlang (OT Group) Buka Lowongan Kerja Besar-besaran, 6 Posisi Ini Dibutuhkan

Melalui aplikasi Sipoya Tone, lanjut Ginting, data yang diinput akan dilakukan 100 persen dan tidak lagi menggunakan sampel tapi sesuai total populasi.

"Sementara yang dimaksud peningkatan pelayanan, dengan aplikasi ini kita mempunyai pelayanan geospasial dan notifikasi digital dimana data yang disajikan akurat memuat nama dan alamat lengkap bayi yang mengalami stunting," ungkapnya.

BACA JUGA:30 Template Twibbon Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2023 Gratis, Bisa Langsung Download

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: