Fakta Istimewa Sumsel Wajib Diketahui, Nomor 4 Dijumpai Setiap Hari

Fakta Istimewa Sumsel Wajib Diketahui, Nomor 4 Dijumpai Setiap Hari

Kolase pempek dan pulau kemaro--

1. Kota Tertua di Indonesia 

Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan pasti sudah mengetahui Kota Palembang, Palembang merupakan ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan yang dahulu merupakan pusat perdagangan dari Kerajaan Sriwijaya.

 

Kota Palembang sudah ada sejak abad ke-7, lebih tepatnya 682 Masehi. sampai sekarang Kota Palembang telah berumur 1340 Tahun dan terus melakukan perkembangan di seluruh bidangnya.

 

2. Pulau Kemaro, Pulau di Tengah Sungai Musi

Pulau Kemaro merupakan sebuah pulau kecil yang terletak di tengah tengah Sungai Musi, Pulau ini menjadi salah satu tempat yang disakralkan oleh Masyarakat Provinsi Sumatera Selatan lebih khususnya etnis Tionghoa karena terdapat cerita dan sebuah kelenteng yang memilki pagoda tinggi.

 

Cerita yang dimaksud adalah kejadian bersejarah di Pulau Kemaro, pada masa itu terdapat pangeran yang berasal dari Negeri Tirai Bambu yang bernama Tan Bun An pergi ke Palembang untuk mempersunting putri yang bernama Siti Fatimah.

BACA JUGA:Rapor Pendidikan Versi Terbaru Ringankan Beban Administrasi Pemerintah Daerah dan Sekolah

BACA JUGA:Viral Video Rumah Hanyut Akibat Banjir Bandang di OKU Selatan, Netizen: Merinding

3. Songket, Ratu Kain asal Sumatera Selatan

Indonesia merupakan negeri kaya akan budayanya yang tersebar diseluruh penjuru nusantara, salah satunya Kain Songket yang ada di Palembang Sumatera Selatan.

 

Kain Songket yang berasal dari Palembang Sumatera Selatan menjadi kain yang sangat istimewa jika dibandingkan dengan kain kain yang ada di daerah lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: