Wow KPU Prabumulih Lakukan Verfak Ijazah Bacaleg Hingga ke Jakarta

Wow KPU Prabumulih Lakukan Verfak Ijazah Bacaleg Hingga ke Jakarta

Komisioner KPU kota Prabumulih saat menerima perbaikan Berkas Bakal calon Anggota legislatif Kota Prabumulih.--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID- Komisi Pemilih Umum (KPU) Kota Prabumulih, terus melakukan verifikasi faktual (fervak) setelah melakukan verifikasi administrasi persyaratan bakal Calon Legislatif di Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Tumpahan Minyak Sampai ke Gunung Ibul, Lurah Kades Kota Prabumulih Imbau Warga tak Dekati Sungai Kelekar

Pihak KPU Kota Prabumulih, melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa semua berkas persatuan pencalonan anggota DPRD Kota Prabumulih, adalah benar keasliannya sesuai yang diisyaratkan serta yang dituliskan oleh bakal Calon Legislatif.

BACA JUGA:Tumpahan Minyak di Sungai Kelekar Kota Prabumulih, Ini Penyebabnya

Karena itu KPU selain melakukan proses verifikasi berkas pencalegan secara administrasi juga dilakukan verifikasi secara faktual. "salah satunya KPU melakukan verifikasi faktual ke STM yang kini sudah menjadi SMKN 1 PB Sudirman Jakarta, jangan sampai terjadi di kemudian hari setelah terpilih anggota legislatif, Ternyata ada yang menggunakan ijazah palsu atau berkas lainnya tidak benar keasliannya," jelas Ketua KPU Kota Prabumulih, Marjuansyah SIP.

BACA JUGA:70 Siswa Madrasah Di Prabumulih Ikuti KSM 2023

Lebih jauh pria berkacamata ini mengatakan bahwa, pihaknya telah menerima dokumen perbaikan pencalegan anggota DPRD Kota Prabumulih, yang terhitung sejak 26 Juli hingga 9 Juli 2023.

BACA JUGA:Alumni SMK PGRI 2 Prabumulih Temu Kangen Lintas Angkatan

"hingga saat ini setidaknya tujuh partai politik telah menyerahkan berkas perbaikan dari 18 partai politik yang ada, menjelang pengumuman daftar calon sementara atau DCS yang akan diumumkan pada 19 Agustus 2023 mendatang," jelasnya.

BACA JUGA:Besok Pengumuman Jalur Terakhir Masuk UNSRI

Marjuansyah menjelaskan, beberapa Parpol dan peserta pemilu Legislatif yang mengumpulkan perbaikan berkas, sejauh ini kekurangan berkas yang diperbaiki oleh partai politik diantaranya, biasanya terdapat berkas yang kurang sebagai syarat yang diupload di silon. 

BACA JUGA:Warga Desa Talang Batu Waspadalah, Tiang PLN Nyaris Roboh dampak Proyek Tol Indralaya - Prabumulih

Seperti surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani, surat keterangan berkelakuan baik yang dikeluarkan dari Pengadilan Negeri, bebas narkoba serta legalisir ijazah. "Sejauh ini tidak ada berkas yang kesalahannya fatal, dan beberapa bacaleg yang kekurangan persyaratan sudah kita sampaikan untuk diperbaiki hingga hari ini, Minggu 9 Juli 2023," tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: