Benarkah Konsumsi Micin Bikin Bodoh, Cek Faktanya!

Benarkah Konsumsi Micin Bikin Bodoh, Cek Faktanya!

Benarkah Konsumsi Micin Bikin Bodoh, Cek Faktanya.--Foto:kemenkes

Benarkah Konsumsi Micin Bikin Bodoh, Cek Faktanya!


PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Micin, anak jaman now pastinya sudah tahu dong istilah yang semacam ini. Mitos yang beredar bahwasannya mengonsumsi micin bakal bikin bodoh, benarkah?
 
Tak dapat dipungkiri, sebagaian besar masyarakat Indonesia mengkonsumsi micin atau MSG yang di gunakan sebagai bumbu penyedap rasa untuk menambah citarasa yang lebih enak dalam masakan.
 
MSG merupakan singkatan dari Monosodium Glutamat.
 
 
 
Walaupun Indonesia kaya akan masakan rempah, akan tetapi untuk bumbu penyedap didalamnya seringkali ditambahkan dengan penyedap sehingga apapun yang dimasak akan memiliki rasa yang jauh lebih gurih.
 
Biasanya MSG di taburkan ke dalam masakan agar menambah citarasa yang gurih dan nikmat tentunya.
 
Kenapa sih masakan perlu memakai micin?
Micin memberikan rasa yang begitu gurih sehingga banyak digemari oleh kaum milenial. 
 
Masakan tanpa micin memberikan citarasa yang biasa saja dan terkesan tidak enak bagi orang yang kesehariannya memakai bumbu MSG seperti ini.
 
 
 
Pasalnya, kelompok glutamat hanya diperuntukan pada hewan dan buah-buahan tertentu saja.
 
Menyikapi mitos yang beredar yang menyebutkan bahwa micin atau kandungan MSG membuat seseorang menjadi bodoh, ternyata hal itu belum tentu kebenarannya.
 
Secara ilmiah tidak disebutkan bahwasannya MSG memberikan efek negatif sekalipun. Lagi pula, semestinya anda tidak dapat sepenuhnya terhindar dari micin. 
 
Walaupun tidak mengkonsumsi MSG yang banyak dijual dipasaran tentunya banyak sekali makanan yang bahkan mengandung micin yang bersifat lebih alami. 
 
Bahan yang mengandung micin alami tersebut antara lain seperti kaldu aya., kaldu sapi, wortel, kentang, bawang putih, kecap dan bahan lainnya yang membuat citarasa menjadi lebih gurih dan nikmat tentunya. Pada waktu dimasak, bahan makanan jenis ini dapat menghasilkan zat yang dinamakan monosodium glutamat.
 
 
 
Jadi dapat disimpulkan bahwa, MSG aman untuk digunakan asalkan tidak berlebihan.
 
Namun, memang terkadang ada orang-orang tertentu yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap micin. Sehingga dapat berakibat fatal bagi kesehatan seperti gatal, kulit jadi memerah, sesak nafas atau bahkan alergi lainnya pada saat mengkonsumsi MSG. 
 
Perlu anda ketahui bahwa MSG tidak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh anda termasuk membuat bodoh. Bahan jenis micin  hanya dapat menciptakan cita rasa gurih pada makanan saja.(ern)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: