3 Fakta Penggunaan Busa Yang Diterapkan di Tol Indralaya-Prabumulih

3 Fakta Penggunaan Busa Yang Diterapkan di Tol Indralaya-Prabumulih

Tol Indralaya-Prabumulih. -Foto: Dok. PT Hutama Karya (Persero)-

PRABUMULIHPOS – Siapa Sangka Busa ternyata bisa menjadi material untuk membangun jalan tol. Bahkan, penggunaan busa untuk konstruksi tol di Indonesia bukan lagi hal baru dan sudah sering diterapkan.

 

Penggunaan busa pada jalan tol ini disebut sebagai metode geofoam. Metode biasanya digunakan sebagai solusi untuk masalah tanah lunak dan mudah ambles.

BACA JUGA:Tak Sabar Menunggu Tol Indralaya Prabumulih Dibuka, Warga Prabumulih: Semoga Tak PHP Lagi

Metode geofoam sudah dipakai di Sumatera dan juga Jawa. Begini fakta selengkapnya:

1. Dipakai di Tol Trans Sumatera

Metode geofoam ini sudah dilakukan di ruas jalan tol Indralaya-Prabumulih. Di Sumatera, penggunaan geofoam dilakukan untuk memperlambat proses penurunan tanah dan mengurangi potensi tanah ambles.

"Semoga dengan penggunaan geofoam, kenyamanan dan keamanan pengguna jalan tol semakin meningkat. Fun fact, Tol Indralaya - Prabumulih garapan Hutama Karya juga pakai geofoam loh," tulis Hutama Karya dalam akun Instagram resminya @hutamakarya dikutip Minggu (30/7/2023).

Pada keterangan resmi PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Maret lalu, dijelaskan bahwa penggunaan geofoam diterapkan pada oprit jembatan. Tujuan penggunaanya untuk menggantikan material timbunan di belakang oprit yang berat.

"Dengan penggunaan geofoam, diharapkan meminimalisir penurunan oprit selama masa layanan jalan. Selain itu, keunggulan geofoam yakni mudah diaplikasikan, mutu yang mudah dikontrol, dan tidak terkendala dengan cuaca," ujar Direktur Operasi III HKI Selo Tjahjono dalam keterangannya, Jumat (3/3/2023).

Diketahui Geofoam merupakan salah satu material geosintetik yang terbuat dari polimer Expanded Polystyrene dan Xtruded Polystyrene (XPS) yang mempunyai properti berat jenis yang lebih rendah dibandingkan material granular atau tanah.

BACA JUGA:HORE! Lewat Tol Indralaya - Prabumulih Gratis, Tapi...

2. Juga Dipakai di Tol Cisumdawu

Bukan cuma di Sumatera, pembangunan jalan tol dengan menggunakan busa juga dilakukan di Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Pembangunan Tol Cisumdawu menerapkan teknologi busa geofoam EPS sebagai pengganti timbunan tanah.

Teknologi ini diterapkan pada pembangunan seksi 5A di desa Cipamekar, Sumedang. Dijelaskan pada ruas tersebut terdapat bagian tanah yang labil dan berair, sehingga tidak bisa ditangani dengan urugan atau konstruksi biasa. Penggunaan teknologi geofoam EPS diharapkan mengurangi risiko longsor.

"Jalan Tol Cisumdawu bukan hanya jadi salah satu tol terunik yang terkenal dengan twin tunnelnya lho, Sahabat. Jalan Tol Cisumdawu juga punya keunikan lain yaitu menerapkan teknologi khusus dan canggih selama pembangunannya. Teknologi tersebut yakni geofoam EPS yang diterapkan pada pembangunan Seksi 5A di Desa Cipamekar, Kec. Conggeang, Kab. Sumedang," tulis akun Instagram Kementerian PUPR, Sabtu (10/6/2023).

Teknologi geofoam yang digunakan di Tol Cisumdawu adalah expanded polystyrene berupa high density polystyrene yang berbentuk balok-balok berbobot ringan dan sudah biasa diterapkan di luar negeri, terutama untuk menangani lapisan tanah yang labil.

BACA JUGA:HORE! Lewat Tol Indralaya - Prabumulih Gratis, Tapi...

3. Keunggulan Geofoam

Keunggulan Geofoam biasa digunakan untuk keperluan konstruksi berat,Bahanya tahan lama dan umur pemakaian yang sangat panjang, tidak teroksidasi oleh udara, air, maupun elemen alam lainnya menjadi keunggulan penggunaan Geofoam.

Dengan bobot yang sangat ringan Geofoam EPS bisa mendorong efisiensi penggunaan peralatan, tenaga kerja di lapangan, serta mudah dibentuk dan dipasang. Proses pemasangan balok EPS juga dapat terus berjalan tanpa bergantung pada kondisi cuaca.

Sementara itu, Hutama Karya mengatakan geofoam memiliki keunggulan dibandingkan material lainnya karena mudah dalam pengaplikasianya, tahan perubahan cuaca, dan mudah dikontrol. (*)

BACA JUGA:Desa di Prabumulih yang Dilalui Jalur Tol Indralaya - Prabumulih, Nomor 4 ada Jembatan, Nomor 5 ada Sengketa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: