Jangan Lewatkan! Bawaslu Kota Prabumulih Buka Pendaftaran untuk 668 PTPS, Ini Jadwalnya

Jangan Lewatkan! Bawaslu Kota Prabumulih Buka Pendaftaran untuk 668 PTPS, Ini Jadwalnya

Bawaslu Kota Prabumulih Buka Pendaftaran untuk 688 PTPS--Foto:ist

Jangan Lewatkan! Bawaslu Kota Prabumulih Buka Pendaftaran untuk 668 PTPS, Ini Jadwalnya 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Prabumulih membuka pendaftaran untuk menjadi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS).

PTPS yang direkrut oleh Bawaslu untuk 14 Februari 2024 yakni sebanyak 688 orang atau tiap TPS satu orang. 

Jadi bagi warga Kota Prabumulih yang ingin bergabung jangan lewatkan kesempatan ini.

Adapun tahapan jadwal pengumuman sebagai berikut;

  • Tanggal 19 - 31 Desember 2023 tahapan pengumuman pendaftaran.
  • Tanggal 2 - 6 Januari 2024 tahapan pendaftaran dan penerimaan berkas serta penelitian kelengkapan berkas pendaftaran.

Ketua Bawaslu Kota Prabumulih, Afan Sira Oktrisma didampingi Komisioner Lia Siska Indriani SPd dan Berry Andika SE, membenarkan adanya pembukaan pendaftaran PTPS.

"Memang benar Bawaslu kota Prabumulih membuka pendaftaran PTPS, bagi masyarakat yang berminat silahkan mendaftar ke sekretariat Panwascam di enam kecamatan di Prabumulih," katanya kepada wartawan, Selasa 26 Desember 2023.

Disampaikannya, PTPS nantinya akan bekerja di masing-masing tempat pemungutan suara di kota Prabumulih dan total TPS di kota Prabumulih ada 670 TPS.

Hanya saja nantinya ada dua TPS khusus di Rutan Kelas IIB Prabumulih sehingga penerimaan hanya 668 orang PTPS.

"PTPS adalah ujung tombak dalam mengawal demokrasi, karena mempunyai tanggung jawab besar dalam mewujudkan proses pemilihan yang jujur, adil dan berintegritas," tuturnya.

"PTPS ini memiliki peran yang sangat krusial karena berada di garda terdepan dalam mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS," lanjutnya.

Lia Siska Indriani menambahkan, PTPS tak hanya mengawasi saat pemungutan dan penghitungan namun juga memiliki tugas untuk mengawasi serta mencegah terjadinya kecurangan pada Pemilu 2024.

"PTPS akan menjadi inti dalam pengawasan untuk menjaga transparansi dan keadilan dalam pemilu 2024 mendatang," tambahnya.

Dalam kesempatan itu Berry Andika menambahkan bagi masyarakat kota Prabumulih yang berminat untuk menjadi PTPS untuk mempersiapkan diri karena tak lama lagi pendaftaran akan segera dibuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: