Gladi AN Hanya Sebagai Sarana Pembelajaran

Gladi AN Hanya Sebagai Sarana Pembelajaran

Pelaksanaan AN di SMAN 2 Prabumulih. Foto; Eka/.pp--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Sebanyak 50 orang siswa sebagai peserta di SMA Negeri 2 Prabumulih mulai mengikuti jadwal gladi Assessmen Nasional (AN) yang dijadwalkan dari pemerintah, sejak dua hari lalu.

 

Pelaksanaan gladi AN dilakukan, untuk melihat Kesiapan perangkat lunak dan kesiapan siswa di sekolah untuk mengikuti AN mendatang.

 

BACA JUGA:39 Siswa SMA Ikuti OSN-P di SMA 2

 

Kepala SMAN 2 Prabumulih, Hj Eva Yusnita MPd melalui Wakilnya bidang Kurikulum, Mat Hasan SPd MM kepada koran ini, mengatakan bahwa Sebelum melakukan gladi saat ini, beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan Simulasi Assessmen Nasional (AN) yang juga merupakan agenda dari Pemerintah Pusat.

 

"Simulasi dan gladi sifatnya hanya untuk melihat kesiapan sarana sekolah, sebagai evaluasi agar dapat mensuksesan pelaksanaan nasional yang sesungguhnya, pada pelaksanaan AN dijadwalkan 29 Agustustus mendatang," jelasnya. 

 

Karena itu,  siswa benar-benar hanya belajar dan melihat kategori soal yang akan dihadapi saat AN nanti. Karena itu, nilai simulasi dan gladi belum dijadikan penilaian Sekolah, melainkan hanya sebagai media pembelajaran agar siswa meningkatkan literasi dan numerasi.

 

BACA JUGA:Keinginan SDN 39 Memiliki Mushola Terwujud

 

"Saya berharap para siswa bisa mengambil hikmah dari pelaksanaan simulasi dan gladi agar lebih banyak belajar dan mempersiapkan diri. Warna survey ini hanya sebagai pemetaan mutu sekolah, bukan nilai pribadi," katanya.

 

Lebih jauh Mat Hasan mengatakan, pelaksanaan gladi dan simulasi juga untuk melihat kesiapan sarana yang digunakan. Di SMA 2 ada sebanyak 15 unit komputer yang digunakan. karena siswa diatur 3 sesi. "Kita disarankan tidak melaksanakan AN satu sesi meski sarana lengkap, takut nanti server down.  agar tidak merugikan siswa, karena waktu terus berjalan makanya diatur 15 siswa dalam satu sesi dari jumlah siswa sebanyak 45 orang, dan 5 orang siswa cadangan,"tandasnya.(*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: