Ini 5 CDOB di Sumsel, Dua dari Kabupaten yang Sudah Pecah Dua Kali

Ini 5 CDOB di Sumsel, Dua dari Kabupaten yang Sudah Pecah Dua Kali

Presidium CDOB Gelumbang saat bertemu dengan Gubernur Sumsel, Herman Deru--

PRABUMULIHPOS.CO.ID - Lima Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) ingin mekar menjadi kabupaten baru. 

Bahkan dari lima CDOB itu, dua diantaranya berasal dari Kabupaten Muara Enim. 

BACA JUGA:Jatanras Ringkus Komplotan Pelaku Perampokan Gaji Karyawan Rp591 Juta di SPBU Lubuk Batang OKU

Seperti diketahui, Kabupaten Muara Enim sendiri sudah pernah dua kali melakukan pemekaran, pertama kota Prabumulih dan pemekaran kedua kabupaten PALI.

Nah, saat ini dua CDOB yang sedang di proses yakni Kabupaten Gelumbang dan Kabupaten Rambang Lubai Lematang.

CDOB Gelumbang mencakup enam kecamatan yakni Kecamatan Gelumbang, Kecamatan Muara Belide, Kecamatan Sungai Rotan, Kecamatan Kelakar, Kecamatan Lembak dan Kecamatan Belide Darat.

BACA JUGA:PPKM Dicabut, BLT DD Tetap Disalurkan ke Warga Prabumulih

CDOB Gelumbang ini dipimpin oleh Rani Kodim sebagai ketua Presidium, serta sebagai Ketua Dewan Pembina  yang juga mantan Wakil Bupati Muara Enim yakni H Hanan Zulkarnain.

Kemudian juga didukung oleh mantan Wabup Muara Enim lainya, H Nurul Aman dan sejumlah tokoh masyarakat dari enam kecamatan yang ada.

CDOB Gelumbang direncanakan memiliki luas wilayah 1.655,44 km persegi, terdiri dari 76 desa dan 1 kelurahan dan enam kecamatan. CDOB Gelumbang sudah sah memiliki peta wilayah yang disetujui masing-masing daerah perbatasan.

BACA JUGA:Ini Kriteria Program Kartu Prakerja yang di Pastikan Tidak Lolos, Simak Cara ini Agar Berasil.

CDOB Gelumbang ini sangat berpeluang menjadi kabupaten baru. Sebab CDOB Gelumbang sudah disetujui Bupati Muara Enim, DPRD Muara Enim, DPRD Sumsel dan juga disetujui oleh Gubernur Sumsel.

Jika kran moratorium dibuka Pemerintah Pusat, bukan tidak mungkin CDOB Gelumbang masuk dalam pembahasan DPR RI dan Pemerintah Pusat untuk masuk dalam persetujuan CDOB baru di Indonesia.

“Saya mendukung penuh pemekaran CDOB Gelumbang. Kita akan kirim surat resmi ke Mendagri terkait usulan CDOB Gelumbang ini,” ucap Herman Deru pada suatu kesempatan saat menerima audiensi presidium CDOB Gelumbang di Pemprov Sumsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: