30 Ribu Warga Prabumulih Harus KTP Digital, Kelompok Ini Jadi Target

30 Ribu Warga Prabumulih Harus KTP Digital, Kelompok Ini Jadi Target

Disdukcapil menyiapkan komputer khusus untuk melayani perubahan KTP Digital berbasis android. Foto: Ros/prabupos--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital atau Identitas Kependudukan Digital (IKD), terus dikebut oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Kota Prabumulih Raih Penghargaan UHC

Kepala Disdukcapil Prabumulih, Haryadi SH MM melalui Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Nodirullah SKom menyampaikan setiap daerah ditarget 25 persen dari wajib KTP.

"Untuk Prabumulih sedikitnya 30 ribu warga kota Prabumulih harus sudah mempunyai KTP digital. Dan saat ini, yang sudah verifikasi KTP digital baru sekitar 600 orang," kata Nodirullah dibincangi Selasa 14 Maret 2023.

Untuk mencapai target tersebut, pihaknya sengaja meletakkan komputer khusus di kantor pelayanan Capil ditambah dengan setiap komputer di Capil dipasang perangkat akses verifikasi konfirmasi KTP digital. 

BACA JUGA:ADD di Kota Prabumulih Hampir Rp 1 Miliar Setiap Desa

BACA JUGA:Diduga Terbakar Api Cemburu, Ragil Aniaya Pria yang Bonceng Gadis Idamannya

"Dalam waktu dekat kita juga akan melakukan aksi jemput bola ke instansi terkait seperti kantor Pemkot, guru-guru dan lainnya," terangnya.

Lebih lanjut, disinggung sasarannya sendiri? Nody mengaku untuk tahap awal, pihaknya menyasar kaum milenial yang mempunyai HP android. "Bagi masyarakat umum silahkan datang ke kantor Capil," sebutnya.

Dengan adanya KTP digital, ada banyak kemudahan yang didapat dan dampaknya sangat besar.

BACA JUGA:Kapolres Lubuklinggau Sebut Aksi 3 Oknum LSM Merupakan Aksi Premanisme

BACA JUGA:Diduga Peras Kepala Sekolah, Tiga Warga Prabumulih Kena OTT di Lubuk Linggau, Ini Tampangnya

"Pertama, warga tidak was-was lagi data tersebut sudah online apa belum karena sudah ada akses digital. Dan kita dikasih akses di MPP (Mall Pelayanan Penduduk) untuk pencetakan KK dan Akte sendiri. Jadi kalau untuk bepergian tidak usah lagi memakai KTP fisik," jelasnya.

Cahyani salah satu warga yang sudah memasang KTP Digital mengaku tak ada kendala saat melakukan akses KTP Digital. "Downloads aplikasi, terus isi dan dibantu langsungnya oleh petugas Capil. Hasilnya tak sampai 5 menit selesai," pungkasnya.(08)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: