11 Ribu KPM di Kota Prabumulih Terima Bansos Pangan, Penyaluran Langsung ke Rumah

11 Ribu KPM di Kota Prabumulih Terima Bansos Pangan, Penyaluran Langsung ke Rumah

Penyaluran beras dilaunching langsung oleh Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, di di Gedung Serbaguna Desa Pangkul Kecamatan Cambai, Senin 10 April 2023..foto: Prabupos--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Sebanyak 11.023 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Prabumulih, menerima bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras.
 
 
Nah, bantuan tersebut merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Ketahanan Pangan, Badan Pangan Nasional melalui Perum Bulog bekerjasama dengan PT Pos Indonesia.
 
Adapun tujuan batuan sebagai upaya mengurangi kerawanan pangan dan menurunkan harga beras.
 
 
Untuk Kota Prabumulih, penyaluran beras dilaunching langsung oleh Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, di di Gedung Serbaguna Desa Pangkul Kecamatan Cambai, Senin 10 April 2023.
 
"Hari ini kita berikan bantuan sosial berupa beras dari pemerintah pusat. Untuk tahap pertama, sebanyak 100 ton lebih akan diberikan kepada 11.023 KPM," kata Ridho Yahya.
 
 
Dikatakannya, masing-masing kepala keluarga (KK) atau Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan beras sebanyak 10 kilogram perbulan dan akan disalurkan selama tiga bulan berturut-turut.
 
Untuk itulah ia berharap, agar pendistribusian bantuan beras cadangan pangan ini selesai sebelum lebaran pihaknya melibatkan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dilingkup pemkot Prabumulih.
 
 
“Tiap-tiap OPD tiap-tiap kepala dinas bertanggungjawab terhadap penyaluran di satu desa/kelurahan, saya minta ini sudah selesai didistribusikan sebelum lebaran ,” harapnya.
 
Adapun alasan pendistribusian beras melibatkan OPD, karena pihaknya khawatir jika pendistribusian dilakukan kepala desa akan terjadi salah sasaran alias hanya orang dekat kades yang mendapatkan bantuan.
“Kita takut kalau kades, sebentar lagi pilkades kita khawatirnya yang tidak pilih dia dicoretnya. Nah ini bahaya juga, makanya kita serahkan kepada tim yang netral, yang kaya dicoret yang miskin dimasukan,” jelasnya.
 
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Prabumulih, Suranti SP menambahkan, bantuan beras akan disalurkan ke rumah masing-masing KPM oleh PT Pos Indonesia. "Untuk data 11.023 KPM tersebut merupakan data berdasarkan Kementerian Sosial yang sudah diverifikasi dan tidak mungkin bertambah lagi," imbuhnya.
 
Sementara itu, dari 11.023 KPM penerima bantuan tercatat 196 warga desa Pangkul menerima bantuan. "Alhamdulillah ada ratusan warga KPM menerima bantuan, ini sangat bermanfaat bagi masyarakat," tukas Kepala Desa Pangkul Jakaria Yadi SH.(08)
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: