Kemendikbudristek Siapkan Kuota PPPK 2023 Besar-besaran, Segini Jumlahnya

Kemendikbudristek Siapkan Kuota PPPK 2023 Besar-besaran, Segini Jumlahnya

Dirjen GTK Kemendikbudristek Prof. Nunuk Suryani--

JAKARTA, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Pemerintah akan membuka perekrutan calon aparatur sipil negara (CASN) tahun anggaran 2023. Formasi yang dibuka tidak hanya Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), tetapi juga CPNS.

BACA JUGA:Warga Antusias Jajal Tol Indralaya-Prabumulih, Kendaraan Sempat Menumpuk di Pintu Tol Desa Karangan

Khusus guru, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berfokus pada formasi PPPK, karena ingin menuntaskan masalah honorer.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga kependidikan (Dirjen GTK), Kemendikbudristek Prof. Nunuk Suryani menjelaskan setelah pengumuman pascasanggah PPPK guru 2022 pada Jumat (14/4), tahapan selanjutnya, yaitu pengisian daftar riwayat hidup nomor induk PPPK (DRH NI PPPK).

Waktu pengisian DRH mulai 15 April sampai 4 Mei 2023 dan pengusulan penetapan NIP PPPK pada 28 April sampai 22 Mei 2023. Dia menyampaikan apresiasi atas capaian para guru honorer yang telah lolos seleksi.

BACA JUGA:Segini Harta Kekayaan Kadis PUPR Empat Lawang yang Dicopot Bupati

BACA JUGA:Viral di Sosmed Hidup Gaya Hedon, Bupati Empat Lawang Copot Kadis PUPR

"Saya turut berbahagia atas upaya bersama ini, terutama para guru honorer, telah membuahkan hasil yang manis," terang Prof. Nunuk di Jakarta dikutip dari jpnn.com, Minggu 16 April 2023.


Bagi peserta yang belum mendapat penempatan pada proses seleksi kali ini, Dirjen Nunuk meminta jangan patah semangat. Masih terbuka kesempatan untuk mengikuti proses seleksi PPPK guru 2023.

Terkait seleksi PPPK guru 2023, Dirjen Nunuk menjelaskan bahwa ada lebih dari 600 ribu kuota yang tersedia.

"Kuncinya ada pada pemerintah daerah. Kami sangat berharap pemerintah daerah bisa mengajukan usulan formasi semaksimal mungkin," tegas Dirjen Nunuk.

BACA JUGA:Viral, Oknum Pegawai Kelurahan di Kota Prabumulih Diduga Pungli terhadap Warga yang Urus Surat Tanah

BACA JUGA:Sekda Panggil Lurah, Bakal Ada Sanksi bagi Oknum ASN Pungli

Menurutnya komitmen pemerintah dalam memperjuangkan kesejahteraan guru tidak akan pernah surut, demi pendidikan Indonesia yang lebih baik. Diketahui sebanyak 250.432 guru honorer dinyatakan lulus pascasanggah PPPK 2022.

Jumlah ini jauh lebih banyak dari sebelumnya yang hanya 250.320. Peningkatan kelulusan ini disambut sukacita Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

"Selamat kepada 250.432 guru yang lulus seleksi pascasanggah. Saya berharap berita baik ini dapat mendorong semangat bagi para guru untuk mengabdi dan memberikan layanan terbaik bagi pendidikan di Indonesia," terang Mas Nadiem.

BACA JUGA:Soal Honorer Akan Dihapus, Walikota Prabumulih Ridho Yahya Surati Presiden

Adapun total guru honorer yang telah lolos semenjak tes seleksi dilaksanakan pada 2021 adalah sebanyak 544.292 guru. Menteri Nadiem mengatakan dari hati yang terdalam, dia sangat bangga terhadap guru-guru honorer yang tak pernah patah semangat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: