Suarakan Stop Kriminalisasi Tenaga Medis, IDI Cabang Prabumulih Kenakan Pita Hitam

Suarakan Stop Kriminalisasi Tenaga Medis, IDI Cabang Prabumulih Kenakan Pita Hitam

--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Prabumulih Kota Prabumulih mengeluarkan edaran agar mengenakan pita hitam mulai 26 April - 2 Mei 2023.

BACA JUGA:Lagi, Tempat Penimbunan BBM Ilegal di Muara Enim Terbakar

Penggunaan pita hitam itu, sebagai bentuk keprihatinan IDI Cabang Prabumulih terhadap perlakuan penganiayaan yang dialami oleh dokter-dokter Internship tenaga medis di Lampung Barat.

Selain itu, pita hitam juga sebagai bentuk protes terhadap pemberhentian sepihak terhadap Prof Dr Zainal Mutaqin SpBS (K), PhD dari pelayanan di RSUP Dr Karyadi Semarang karena mengkritik, dan bentuk keprihatinan terhadap RUU Kesehatan yang tidak berpihak kepada tenaga medis dan merugikan masyarakat.

BACA JUGA:Ini 5 Sekolah Kedinasan Paling Banyak Pelamar, STAN Masih Favorit

"Atas keprihatinan ini, kepada segenap anggota IDI di semua jajaran baik yang bekerja di Instansi Pemerintah maupun Swasta, kami menghimbau agar mengenakan pita hitam di lengan kanan," kata Ketua IDI Cabang Prabumulih dr Yus Ukhrowiyah Sp THT - KL, Kamis 27 April 2023.

Penggunaan pita hitam oleh anggota IDI di Kota Prabumulih tersebut, hingga 2 Mei 2023.

BACA JUGA:Kasihan, Banyak Peserta PPPK Teknis Kota Prabumulih Tak Lulus, Pengumuman Bisa Cek Disini

"Stop kriminalisasi terhadap tenaga medis / kesehatan," ucap Yus.

Dalam imbauan yang diunggah di medsos tersebut. IDI Cabang Prabumulih juga menyuarakan tagar #savedokter #savenakes dan savepasien.

Salah satu anggota IDI Cabang Prabumulih, mengaku sangat sedih dan prihatin atas apa yang terjadi. Bahkan baru-baru ini ada kejadian video viral dokter di Kabupaten Pali dianiaya oleh keluarga pasien. "Terjadi juga di Pali, pita hitam ini juga bentuk keprihatinan yang terjadi di Pali," tukas salah satu anggota IDI.

BACA JUGA:Posko PLN UP3 Palembang Siap Bantu Pemudik Bekendaraan Listrik di Wilayah Palembang dan Sekitarnya

Sebagai informasi, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) telah mengeluarkan satu surat edaran kepada seluruh pengurus serta anggota IDI di semua tingkatan untuk menggunakan pita hitam di lengan kanan pakaian resmi mulai tanggal 26 April 2023.

BACA JUGA:CATAT... 3 Bansos Ini Akan Cair Lagi Usai Lebaran Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: