Pemkab Subang Resmikan Kesenian Sisingaan Sebagai Muatan Lokal di Hari Jadi Ke -75

Pemkab Subang Resmikan Kesenian Sisingaan Sebagai Muatan Lokal di Hari Jadi Ke -75

Kesenian Sisingaan yang menyemarakkan HUT ke-75 Kabupaten Subang--

SUBANG, PRABUMULIHPOS.CO.ID – Sisingaan merupakan simbol bentuk perjuangan masyarakat Kabupaten Subang terhadap penguasa, atau penjajah dari ketertindasan sewaktu zaman penjajahan Kerajaan Inggris.

BACA JUGA:PT Pertamina Buka Lowongan Kerja, Terima Lulusan SMA, SMK, hingga S1, Ini Formasinya

Patung singa yang melambangkan kaum penguasa yang ditunggangi oleh anak yang baru saja di sunat yang menggambarkan sebagai Generasi Penerus Bangsa.

Kesenian ini awalnya hanya sekedar ritual masyarakat Kabupaten Subang saja, namun seiiring berjalannya waktu ritual ini mendapatkan respon yang sangat baik dari masyarakat sehingga kegiatan ini berkembang menjadi media penghibur bagi masyarakat. 

BACA JUGA:Dana cair dengan Mudah! Ini 5 Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya OJK di Tahun 2023

BACA JUGA:Jangan Cuma Hafal Lirik, Berikut Makna dari Lagu “A Sky Full of Stars” Milik Coldplay

Untuk memperingati hal tersebut, betempat di Lapangan Bintang Kabupaten Subang. Pemkab Subang telah resmi menjadikan  Kesenian Sisingaan sebagai Muatan Lokal wajib di Sekolah bagi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama dan sederajat.

Untuk merayakan peresmian tersebut, digelar pementasan serentak dari 270 sisingaan yang diperankan oleh masyarakat Subang dari anak kecil hingga dewasa sore ini. Senin 29 Mei 2023 kemarin.

BACA JUGA:Warga Palembang dan Ogan Ilir Ini Ditangkap di Muara Enim, Ini Kasusnya

BACA JUGA:Beli HP Hasil Curian dari Prabumulih, Warga Tanjung Raja Ini Terpaksa Berurusan dengan Polisi

“Sisingaan ini akan masuk kedalam Kurikulum kesenian yang wajib diikut di SD dan SMP, dimana kurikulum ini akan mulai berlangsung pada tahun ajaran 2023-2024. Sehingga kita semua senantiasa melestarikan kebudayaan Sisingaan ini,"  ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang, Tatang.

Sementara itu, Bupati Subang H. Ruhimat mengungkapkan Sisingaan itu sendiri melambangkan sikap gotong royong dan kekompakan bagi para pelaku dari Sisingaan .

BACA JUGA:BURUAN! Saldo DANA Gratis Rp461.000 Langsung Cair dari Aplikasi Ini

BACA JUGA:Sinarmas Forestry Buka Lowongan Kerja, Ini Kualifikasi yang Dibutuhkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: