Aerobik Saat Hamil, Mengapa Tidak. Simak Manfaat Aerobik Untuk Ibu Hamil

Aerobik Saat Hamil, Mengapa Tidak. Simak Manfaat Aerobik Untuk Ibu Hamil

Senam aerobik juga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil asal gerakan tidak terlalu ekstrim --

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID- Wanita hamil biasanya akan menjadi cepat lelah. Itu sebabnya, tak jarang wanita lebih memilih untuk berbaring santai di sofa sambil menonton tv maupun di tempat tidur. Padahal, kurangnya beraktivitas atau tidak aktif bergerak saat hamil dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar.

BACA JUGA:Taati Aturan! PPPK Prabumulih Bisa Diberhentikan bila Lakukan Pelanggaran

Salah satu aktivitas yang dapat membantu wanita hamil tetap aktif bergerak adalah senam aerobik. Senam aerobik merupakan jenis olahraga dengan serangkaian gerakan tubuh yang bermanfaat melatih detak jantung dan pernapasan. Senam aerobik dilakukan dengan mengikuti berbagai gerakan berdasarkan arahan instruktur dengan diiringi musik tertentu.

BACA JUGA:Manfaat dari Belajar Sejarah dalam Kehidupan

Diikutif dari laman Ciputrahospital.com, Ada berbagai manfaat dari gerakan senam aerobik untuk kehamilan yang wajib diketahui oleh wanita sebelum melakukannya. Senam aerobik diketahui dapat membantu mengatasi risiko tersebut dengan mengontrol kadar insulin dalam tubuh.

BACA JUGA:Stop Begadang! Kenali Dampaknya Bagi Kesehatan

Selain itu, wanita hamil juga rentan mengalami preeklampsia atau hipertensi dalam kehamilan. Kondisi tersebut terjadi akibat tekanan darah yang tidak terkontrol. Lakukan senam aerobik sebagai upaya mengontrol tekanan darah agar tetap stabil.

Senam aerobic memiliki banyak manfaat yang baik untuk program hamil. Jika dilakukan dengan tepat, senam aerobik akan memberikan manfaat berikut pada ibu hamil:

BACA JUGA:Kalian Sering Bekerja Sama, Ini Manfaat Bekerja Sama dalam Kehidupan

1. Menguatkan Otot Perut

Sejak awal kehamilan hingga melahirkan, otot perut adalah otot yang paling banyak mengalami tekanan dan perubahan, sehingga dituntut untuk bekerja lebih keras. Melakukan senam aerobik ketika hamil bermanfaat membantu memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot perut agar dapat menyesuaikan dengan tekanan atau perubahan yang terjadi.

BACA JUGA:Jelang Akhir Masa Jabatan, Ridho Yahya Bagikan Moment Langka, Warganet: So Sweet

2. Memperlancar Proses Persalinan

Selain menguatkan otot perut, senam aerobik juga bermanfaat untuk melatih dan memperkuat otot-otot dasar panggul. Selama persalinan, otot dasar panggul akan meregang untuk dapat membantu janin keluar. Dengan melakukan senam aerobik, otot-otot dasar panggul di area sekitar vagina akan menjadi lebih kuat dan elastis, sehingga dapat memperlancar proses persalinan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: