Mengenal Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Masyarakat Lakukan Ini

Mengenal Tradisi Ziarah Kubur Jelang Ramadhan, Masyarakat Lakukan Ini

-Foto : Pwmu.co-

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Prabumulih Sumatera Selatan umumnya memilki jumlah penduduk sebanyak 195.748 jiwa dengan kepadatan 451 jiwa/km² pada tahun 2021 dan memilki banyak tradisi adat didalamnya.

Tradisi Ziarah Kubur merupakan tradisi yang sering dilakukan oleh Masyarakat Indonesia, salah satunya di Kota Prabumulih. Tradisi ziarah kubur sampai saat ini masih dilakukan oleh masyarakat Prabumulih dan biasa dilakukan satu tahun sekali maupun sesuai dengan peziarah tersebut.

 

BACA JUGA:Tangguk, Alat Tradisional Menangkap Ikan Suku Rambang

BACA JUGA:Mengenal Balek Andon Sujud Tradisi Suku Rambang Kota Prabumulih

Ziarah Kubur merupakan tradisi yang sudah dilakukan sejak dahulu dan telah diwariskan secara turun menurun sehingga pada saat ini masih banyak yang melakukan tradisi ziarah kubur.

Ziarah kubur adalah sebuah tradisi yang dilakukan dengan niat baik dan merupakan salah satu bentuk ibadah yang telah dianjurkan oleh agama islam.

 

BACA JUGA:Alat Tradisional Tengkuet, Masih Lestari di Kelurahan Muara Dua

BACA JUGA:Unik, Tradisi Lelang Ongkol di Jiwa Baru Tetap Lestari

Dalam kitab At-Tadzkirah Imam Syamsuddin Al-Qurthubi menyebutkan hukum berziarah bagi laki laki adalah sunnah menurut kesepakatan para ulama. Sedangan untuk para perempuan masih diperdebatkan. 

Di Kota Prabumulih Tradisi ziarah kubur biasanya dilakukan saat hendak menyambut Bulan Suci Ramadhan maupun ketika ada anak laki laki yang hendak di khitan akan berziarah terlebih dahulu. adapula yang melakukan ziarah kubur saat hendak akan menikah, mereka akan berziarah kepada keluraga kedua belah pihak yang telah berpulang terlebih dahulu.

 

BACA JUGA:Perpaduan Klasik dan Modern Kenalin Nih Vespa GTV Piaggio Terbaru, Pencinta Vespa Merapat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: