Bunda Wajib Tahu! Jangan Remehkan Cacingan Berikut Gejalanya

Bunda Wajib Tahu! Jangan Remehkan Cacingan Berikut Gejalanya

Bunda Wajib Tahu, Kenali Gejala Cacingan --Foto: istimewa

Bunda Wajib Tahu! Jangan Remehkan Cacingan Berikut Gejalanya

 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID -Makan banyak namun badan anak bunda tak kunjung gemuk, lantas banyak yang mengkaitkannya dengan cacingan? Belum tentu ya bunda, sebab cacingan ada banyak gejalanya.

Namun perlu bunda ketahui, cacingan sangat bahaya bila tidak segera ditangani atau dibiarkan bisa menyebabkan penyakit seperti Anemia, Diare serta Malnutrisi.

BACA JUGA:Waspada ISPA Akibat Kabut Asap dan Debu, Kadinkes Prabumulih Sarankan Ini

Yuk bunda, kita mengenal apa saja gejala bila anak sedang menderita cacingan. 

Dokter anak Dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi Sp A Mars membeberkan bila anak sering terlihat lemah, letih lesu bisa jadi merupakan gejala cacingan.

"Gejala cacingan pertama berkurangnya nafsu makan, anak terlihat kurang bergairah malas dan mudah lelah," kata dr Nyoman Partiwi seperti dilihat prabumulihpos.disway.id dari laman instagram jnj_consumerhealthid, Sabtu 9 September 2023.

Gejala cacingan lainnya tuturnya dr Nyoman Partiwi bisa dilihat dari bagian tubuh anak. "Telapak tangan dan selaput mata terlihat pucat," tuturnya.

BACA JUGA:Siswa Pra Remaja Akan Jadi Sasaran Vaksin HPv

Dijelaskannya, cacingan bisa mengganggu saluran pencernaan seperti diare, muntah atau mual. Kemudian perut tidak nyaman hingga ada darah pada tinja.

"Ada hal yang perlu diwaspadai yakni gatal di daerah dvb*r yang disebabkan oleh cacing kremi terutama pada malam hari," jelasnya.

Nah, untuk mencegah penyakit cacingan dokter berambut pendek tersebut mengatakan agar mengkonsumsi obat cacing.

BACA JUGA:Waspada DBD, Kadinkes Prabumulih Ajak Masyarakat Terapkan PHBS, Fogging Bukan Penanggulangan Utama

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: