Pengawasan Ketat, Surat Suara Pilkada Sumsel Aman di Gudang Logistik KPU Prabumulih

Pengawasan Ketat, Surat Suara Pilkada Sumsel Aman di Gudang Logistik KPU Prabumulih

Pengawasan Ketat, Surat Suara Pilkada Sumsel Aman di Gudang Logistik KPU Prabumulih --Foto: Prabupos

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan, serta untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Prabumulih, telah tiba di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih.

Surat suara yang akan digunakan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang dijadwalkan pada 27 November 2024, diterima di gudang KPU pada dini hari, 21 Oktober 2024.

"Alhamdulillah, kami sudah menerima surat suara untuk pilkada gubernur dan wakil gubernur, serta untuk walikota dan wakil walikota sekitar pukul dua pagi," ungkap Marjuansyah SIP, komisioner KPU Kota Prabumulih yang mengawasi divisi teknis.

Juan, sapaan akrabnya, menyampaikan bahwa surat suara yang diterima terdiri dari 74 koli untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, masing-masing berisi 2000 lembar.

BACA JUGA:Debat Kandidat di Hotel South Sumatera, KPU Prabumulih Siapkan Tim Perumus

BACA JUGA:Daftar Pilkada 2024, Pasangan Bergema Diiringi Lantunan Sholawat menuju Kantor KPU

"Dari total 74 koli, 73 koli berisi 2000 lembar, sedangkan satu koli berisi 1898 lembar. Jadi, total surat suara untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur mencapai 147.898 lembar," jelasnya.

Untuk pemilihan wali kota dan wakil wali kota Prabumulih, pihaknya menerima 75 koli. Dari jumlah ini, 73 koli berisi 2000 lembar, satu koli berisi 1898 lembar, dan satu koli lainnya untuk pemungutan suara ulang.

"Total surat suara untuk pemilihan ini adalah 149.898 lembar. Namun, kami belum memulai proses sortir dan pelipatan untuk memeriksa isinya," tambah Juan.

Marjuansyah menegaskan bahwa surat suara tersebut disimpan dengan aman di gudang KPU, yang dijaga ketat oleh petugas keamanan dan Polres Prabumulih. "Kami menjaga surat suara tersebut 24 jam secara bergiliran," ujarnya.

BACA JUGA:Menuju Pilkada 2024, KPU Prabumulih Siapkan Aturan Kampanye

BACA JUGA:KPU Prabumulih Tetapkan DPT 2024: Pemilih Meningkat, TPS Berkurang

Ketika ditanya tentang jadwal sortir dan pelipatan, Juan menyatakan bahwa proses tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat. Meskipun belum ada tanggal pasti, dia optimis bahwa proses ini tidak akan sulit.

"Dikarenakan hanya ada dua jenis surat suara, kami berharap semua proses dapat selesai dalam 2-3 hari," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: