Ketum PSSI Iwan Bule Usul 1 Oktober Hari Libur Sepak Bola, Ini Alasannya

Ketum PSSI Iwan Bule Usul 1 Oktober Hari Libur Sepak Bola, Ini Alasannya

Ketum PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule usul 1 Oktober ditetapkan sebagai hari libur sepak bola nasional. Foto: Ricardo/JPNN.com.--

JAKARTA, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengusulkan agar tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari libur bagi semua aktivitas sepak bola nasional.

Itu disampaikan mantan Pj Gubernur Jawa Barat ini dalam pidatonya di Kongres Biasa PSSI 2023 di Jakarta, Minggu 15 Januari 2023.

BACA JUGA:PHK2I Ingatkan Mendagri dan MenPAN-RB Terkait Nasib Honorer Pol PP

Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu usul agar pada 1 Oktober tidak pertandingan maupun turnamen sepak bola demi menghormati korban tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Sebagai respons dan keseriusan PSSI menanggapi tragedi Kanjuruhan untuk mengajak semua pihak agar setiap tanggal 1 Oktober menjadi hari libur sepak bola Indonesia,” ujar Iriawan dikutip dari JPNN.com, Minggu 15 Januari 2023.

BACA JUGA:9 Hari Dikabarkan Hilang, Abdul Halim Ditemukan Tak Bernyawa

BACA JUGA:Orang Hilang Ditemukan Tak Bernyawa, Kapolsek Cambai: Keluarga Iklas

“Mudah-mudahan semua yang hadir di sini menyepakatinya," kata Iwan Bule.

Iriawan mengatakan bahwa Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada 1 Oktober 2022 dan menewaskan 135 orang serta melukai ratusan lainnya menimbulkan luka mendalam bagi PSSI dan dirinya pribadi.

Iwan Bule itu menyebut bahwa semua korban peristiwa berdarah itu adalah pahlawan sepak bola. "Mereka semua adalah pahlawan. Sepak bola tanpa penonton seperti sayur tanpa garam. Dukungan penonton selalu luar biasa," tutur Iriawan.

BACA JUGA:Gubernur Sumsel Jadi Gubernur Terkaya di Sumatera, Segini Kekayaannya

Jika 1 Oktober disahkan menjadi hari libur sepak bola, sambung Iwan Bule, momen tersebut sekaligus menjadi pengingat agar kejadian serupa tidak terulang.

Dia menegaskan dirinya tidak ingin pertandingan sepak bola menjadi ajang menghilangkan nyawa. "Kita harus membuat sepak bola menjadi olahraga pemersatu yang menyenangkan, bukan mengerikan dan menakutkan," kata Iriawan.

BACA JUGA:Live Mandi Lumpur dan Mandi Air Demi Gift di TikTok Bisa Ditangkap

Sementara itu, Kongres Biasa PSSI 2023 yang berlangsung mulai pukul 14.00 WIB, dihadiri 87 pemilik suara (voter) PSSI.

Agenda utama kongres tersebut adalah menetapkan susunan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP).

KP dan KBP akan mengurus semua hal yang berkaitan dengan Kongres Luar Biasa pemilihan ketua umum, wakil ketua umum serta anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI periode 2023-2027 yang dilaksanakan pada 16 Februari 2023.

BACA JUGA:Ini Hasil Seleksi Andminstrasi PPPK Kemenag 2022, Silakan Cek di Sini

Kongres Biasa PSSI 2023 juga beragenda pengesahan laporan aktivitas dan keuangan tahun 2022 serta rencana program dan anggaran 2023. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jpnn.com