Ini Perbedaan Mencolok Antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Ini Perbedaan Mencolok Antara Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka

Para siswa SMPN 2 Prabumulih bersama wali kota Prabumulih.--

PRABUMULIHPOS.CO.ID- Saat ini Kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengenai perbaikan dunia pendidikan, sebagai pemulihan pasca pandemi virus Corona terus dilakukan.

BACA JUGA:Tidak Boleh Lagi Ada Perangkingan Di dalam Kelas

Hasil riset dari Kemendikbudristek menunjukkan bahwa, terjadi learning loss dalam literasi yang setara dengan 6 bulan belajar dan learning loss dalam numerasi setara dengan 5 bulan belajar. Semua ini terjadi setelah satu tahun pandemi Covid-19.

BACA JUGA:Wooww Dua Alumni SMK Negeri 2 Bagi Tips Sukses Pada Adik Tingkat

Upaya yang terus dilakukan untuk pernikahan dan mengejar ketertinggalan tersebut, yang paling nyata adalah penerapan pembaharuan kurikulum 2013 yang mulai berpindah pada penerapan kurikulum Merdeka di setiap satuan pendidikan, sebagai bentuk penyempurnaan kurikulum berikutnya.

BACA JUGA:Miris, Prabumulih Paling Sedikit Daftar CPG

Setidaknya di tahun ini sudah mulai diterapkan kelas 1 dan 4 pada jenjang SD, kelas 7 jenjang SMP dan kelas 10 untuk jenjang pendidikan SMA sederajat. 

BACA JUGA:Mahasiswa Harus Tau Tips Cepat Tamat Kuliah dan IPK Tinggi

Termasuk juga Munculnya program guru penggerak dan program sekolah penggerak, juga merupakan upaya pemerintah untuk terus memperbaiki dunia pendidikan saat ini. 

BACA JUGA:Dirjen Kemdikbud Beri Kabar Gembira untuk Guru Honorer, Bisa Tersenyum

"secara nyata terlihat dari namanya, kurikulum Merdeka juga memberikan kebebasan seluas-luasnya pada guru dan memusatkan semua pendidikan kepada siswa, sebagai objek pembelajaran. Sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai," kata H Amin Jaya SPd MSi, koordinator pengawas SMP di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih.

BACA JUGA:Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab

Meski sebelumnya pemerintah juga sempat menerapkan Kurikulum Darurat, yang merupakan penyederhanaan Kurikulum 2013. Namun Penerapan kurikulum ini diterapkan sejak tahun 2020 sebagai respon learning loss yang terjadi akibat pembelajaran jarak jauh. Kurikulum Prototipe adalah kurikulum yang diterapkan di Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).

BACA JUGA:Lebih Dari 1.000 Karyawan Ford di Eropa Bakal Dipangkas?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: