PHL Pemkot Prabumulih Akhirnya Gajian, Seribu Honorer Naik Grade dan Naik Gaji

PHL Pemkot Prabumulih Akhirnya Gajian, Seribu Honorer Naik Grade dan Naik Gaji

PHL Kota Prabumulih saat berkumpul di ruang rapat Pemkot untuk perpanjangan SK awal tahun 2023 lalu.--

 
 
PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Setelah dikeluhkan, akhirnya Pegawai Harian Lepas (PHL) di Lingkungan Kota Prabumulih menerima gaji.
 
 
Dengan demikian, janji Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM yang akan membayarkan gaji PHL sebelum lebaran terwujud.
 
Put salah satu PHL mengaku, sudah menerima dan menarik gaji dari rekening. "Alhamdulillah kemarin (Selasa 14 Maret) gaji masuk rekening, dan sudah dibayarkan untuk hutang selama tak gajian," ujarnya.
 
 
Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Prabumulih, Beny Rizal SH MH menuturkan seluruh honorer Pemkot Prabumulih berjumlah 3.680 sudah menerima gaji pada Selasa 15 Maret 2023.
 
"Sekarang mereka (PHL,red) sudah gajian, langsung kita rapel 2 bulan," kata Beny Rizal dibincangi usai kegiatan pengangkatan CPNS menjadi PNS formasi tahun 2021 di gedung kesenian rumah dinas, Rabu 15 Maret 2023.
 
 
Dikatakan Beny, gaji sebagian PHL tahun ini berbeda dari sebelumnya. Hal itu khusus bagi PHL yang naik grade. 
Dimana bagi tercatat sekitar seribu PHL yang naik grade dan naik gaji.
 
"Misalnya yang tadinya gaji Rp410 ribu naik menjadi Rp650 ribu. Makanya harus dicek satu-satu jangan sampai hak mereka naik tapi gaji tidak naik sehingga timbul masalah baru," jelas pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Hukum Pemkot Prabumulih ini.
 
 
Kenaikan grade tersebut, kata dia. Merupakan salah-satu penyebab lambannya pembayaran gaji honorer. Sebab, harus dilakukan pemeriksaan dan cek berkas agar tak terjadi kesalahan. "Itulah kenapa dari awal kita minta honorer bersabar," ucapnya.
 
Selain itu, kendala lain lambannya penyaluran gaji lantaran beberapa honorer ada yang rekeningnya tidak aktif lagi sehingga pihak bank menolak. Ada sekitar 20an PHL yang rekeningnya tak aktif.
 
 
Kendati demikian, pihaknya tetap akan membayarkan gaji PHL yang rekening tak aktif tersebut. "Untuk rekening yang tidak aktif terpaksa baru terima gaji April mendatang," tukasnya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, ribuan Pegawai Harian Lepas (PHL) Pemkot Prabumulih mengeluh lantaran belum menerima gaji sejak Januari hingga Februari 2023.
 
Akibatnya, banyak PHL yang terpaksa mencari pinjaman dan hutang hingga menumpuk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan ongkos.
 
 
Menanggapi, keluhan PHL Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM ketika itu meminta PHL sabar dan akan membayarkan gaji sebelum lebaran.
 
Sementara Ketua DPRD Kota Prabumulih Sutarno SE MIKom menuturkan, gaji PHL tahun 2023 sudah masuk dalam anggaran dan anggarannya tersedia.(08)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: