Pencuri Kabel Ground Listrik Jalan Tol Indraprabu Ditangkap, Ini Tampangnya

Pencuri Kabel Ground Listrik Jalan Tol Indraprabu Ditangkap, Ini Tampangnya

Pelaku pencurian Kabel Ground Listrik Jalan Tol Indraprabu Ditangkap.--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Kabel Ground Listrik sepanjang 130 meter yang berfungsi untuk menyalakan lampu PJU di Jalan Tol Indralaya - Prabumulih milik PT HKI dicuri komplotan spesialis pencuri kabel.
 
 
Satu dari empat komplotan tersebut yakni Hipsal 21 tahun warga Dusun III Desa Arisan Jaya Kecamatan Pemulutan Barat
berhasil ditangkap Tim BKO Brimob Tol Palindra. 
 
Sementara tiga pelaku lainnya yang nama-namanya sudah diketahui yakni Eko Sopir Dam Truck di PT GON warga Dusun III Arisan Jaya, Toni 18 tahun Sopir Dam Truck PT GON warga Dusun III Desa Arisan Jaya Kecamatan Pemulutan dan Nunung 30 tahun Sopir Pick UP Grand Max warga Dekat Rel Dusun Anyar Desa Sungai Rambutan, berhasil kabur dan statusnya buronan polisi serta masuk dalam Daptar Pencarian Orang (DPO).
 
 
Untuk tersangka Hipsal setelah diamankan Tim BKO Brimob Tol Palindra pimpinan Bripka Asep, langsung diserahkan ke Polsek Indralaya. Dan kasusnya sedang ditangani serta dalam penyelidikan oleh jajaran Polsek Indralaya untuk menangkap tiga pelaku lainnya. Akibat pencurian itu, PT HKI mengalami kerugian mencapai Rp 250 juta.
 
Informasinya, penangkapan spesialis pencuri kabel ground listrik jalan tol terjadi Jumat 21 April 2023 pukul 21.00 WIB lalu. Dimana tersangka bersama tiga temannya
menggunakan mobil grandmax menuju ke jembatan samping tanjung senai Tol Indralaya-Prabumulih. Ketiga pelaku yakni Hipsal, Toni, Eko turun dari mobil yang dikemudikan Nunung dan memotong kabel ground yang menempel di samping jalan tol menggunakan alat mirip gunting taso.
 
 
Setelah kabel terputus kemudian di potong - potong oleh para pelaku. Saat akan membawa hasil curian, rupanya aksi mereka diketahui Tim BKO Brimob tol Palindra yang berpatroli dan warga sekitar.
Para pelaku yang ketahuan mencoba melarikan diri. Naas salah satu pelaku Hipsal berhasil diamankan setelah terjatuh di dalam kolam dan temannya berhasil melarikan diri.
 
Tim BKO Brimob Tol Palindra langsung mengamankan pelaku dan langsung diintrograsi. Serta berhasil mengamankan kabel ground listrik yang telah dipotong komplotan pelaku. Lalu Tim BKO Brimob Tol Palindra sekitar pukul 03.30 WIB menyerahkan pelaku berserta barang bukti ke Polsek Indralaya.
 
 
Menurut pimpinan Tim BKO Brimob Tol Palindra, Bripka Asep ketika dikonfirmasi Selasa 25 April 2023 mengatakan, kabel ground listrik yang dicuri untuk menyalakan lampu PJU Indralaya - Prabumulih. "Sudah sering kehilangan dan baru sekarang bisa tertangkap Tim BKO Brimob Tol Palindra. Dampak dari pencurian kabel itu yakni membahayakan pengguna jalan bisa mengakibatkan kecelakaan. Mempersulit petugas putar arah jika darurat. Serta meningkatnya kejahatan pencurian," ungkapnya.
 
 
Terpisah Kanit Reskrim Polsek Indralaya Ipda Agus saat dikonfirmasi via handpone, Selasa 25 April 2023 menerangkan, memang benar pihaknya telah menerima limpahan pelaku pencurian kabel ground listrik jalan tol Indralaya-Prabumulih oleh Tim BKO Brimob Tol Palindra. "Ya pelaku saat ini masih mendekam di tahanan Polsek Indralaya. Kita juga masih mengejar tiga rekannya yang saat ini masih melarikan diri. Pelaku kita kenakan pasal 363 KHUPidana dengan ancaman 5 tahun penjara," pungkasnya.(ril)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: