Ini Regulasi Tentang Program Sekolah Penggerak

Ini Regulasi Tentang Program Sekolah Penggerak

Roni Ardiansyah SPd MSi Kepala SMPN 7 Prabumulih --

Sekilas mengenai Program Sekolah Penggerak (PSP), adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

BACA JUGA:Lagu Viral Cikini Gondangdia Dominasi Yel - yel Gerak Jalan Prabumulih, Berikut Liriknya

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

BACA JUGA:Seru, Peserta Lomba Gerak Jalan di Kayu Agung Bikin Melongo

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. 

Sebagai upaya untuk melanjutkan dan mengembangkan kebijakan peningkatan dan pemerataan mutu pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menginisiasi Program Sekolah Penggerak.

BACA JUGA:Gebyar Kemerdekaan, Warga Desa Buana Murti Berburu Doorprize

Program Sekolah Penggerak berupaya mendorong satuan pendidikan melakukan transformasi diri, untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah, kemudian melakukan pengimbasan ke sekolah lain untuk melakukan peningkatan mutu serupa.

BACA JUGA:Kabar Gembira, BPJS Kesehatan Rekrutmen Agen Layanan Kepesertaan, Cek Kualifikasi dan Syaratnya

Secara umum, Program Sekolah Penggerak bertujuan untuk mendorong proses transformasi satuan pendidikan agar dapat meningkatkan capaian hasil belajar peserta didik secara holistik baik dari aspek kompetensi kognitif maupun non-kognitif (karakter) dalam rangka mewujudkan profil pelajar Pancasila.

BACA JUGA:Intip Spesifikasi Ponsel Lipat Galaxy Z Fold 5 yang Menjadi Incaran

Transformasi yang diharapkan tidak hanya terbatas pada satuan pendidikan, melainkan dapat memicu terciptanya ekosistem perubahan dan gotong royong di tingkat daerah dan nasional sehingga perubahan yang terjadi dapat meluas dan terlembaga.(05)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: