Sekda Masuk Usulan Dewan dan Gubernur untuk PJ Wako, Herman Deru Ungkap Alasannya

Sekda Masuk Usulan Dewan dan Gubernur untuk PJ Wako, Herman Deru Ungkap Alasannya

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengusulkan Sekda sebagai salah satu nama PJ Wako Prabumulih --Foto:Ros/prabupos

Sekda Masuk Usulan Dewan dan Gubernur untuk PJ Wako, Herman Deru Ungkap Alasannya 

 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Satu dari tiga nama yang diusulkan sebagai PJ Walikota Prabumulih, oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ternyata juga diusulkan oleh Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru.

 
Nama tersebut yakni H Elman ST MM, yang kini menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Prabumulih.
 
"Gubernur mengusulkan tiga nama, yang pertama itu sama dengan usulan kami di DPRD yaitu pak Sekda Elman (H Elmam ST MM), yang kedua pak Fajri (Dr H Al Fajri Zabidi) Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sumsel, yang ketiga juga dari Kepala Dinas Provinsi," kata Wakil Ketua DPRD Kota Prabumulih H Ahmad Palo SE, menyampaikan terkait usulan tiga nama pj Wako Prabumulih.
 
 
DPRD Kota Prabumulih ungkap Palo, berharap siapapun yang ditunjuk menjabat sebagai PJ dapat menjalankan tugas dengan baik.
 
"Untuk melanjutkan program pembangunan ini sesuai dengan harapan," tuturnya.
 
Dalam kesempatan itu Ahmad Palo menyampaikan, baik usulan nama PJ wako Prabumulih dari DPRD maupun dari Gubernur 
sudah disampaikan ke pusat dalam hal ini Mendagri.
 
 
Untuk siapa nantinya yang akan ditunjuk lanjut dia pihaknya masih menunggu. Bahkan bisa saja Mendagri justru menunjuk orang diluar 6 nama yang diusulkan tersebut.
 
Sebab jelas dia, nama yang diusulkan tersebut, hanyalah sebagai bahan pertimbangan Mendagri dalam menetapkan Pj Wako Prabumulih.
 
Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru menuturkan untuk PJ Wali Kota Prabumulih sudah diakomodir semua.
 
"Usulan DPRD ada tiga, usulan Gubernur ada tiga, kita tunggu saja keputusan Menteri," ujarnya dibincangi di gerbang tol Indralaya Prabumulih, Rabu 30 Agustus 2023.
 
 
Siapa saja yang diusulkan Gubernur? Deru mengaku, ada tiga nama. Dimana ada satu nama yang sama dengan yang diusulkan DPRD Kota Prabumulih yakni H Elman ST yang saat ini menjabat sebagai Sekda kota Prabumulih.
 
"Hanya Sekda Prabumulih (yang sama, red). Jadi lima orang berbeda (yang diusulkan DPRD dan Gubernur)," terangnya.
 
Ditanya kenapa mengusulkan Sekda? Pria yang pernah menjabat Bupati OKU Timur itu menyebutkan alasannya. "Syarat utamakan esselon II dan dianggap cakap," ucapnya.
 
 
"Artinya siapapun yang dipilih Mendagri itu adalah orang-orang yang dianggap pantas," tukasnya.
 
Seperti diketahui, menjelang akhir masa jabatan Wali Kota Prabumulih Ir H Ridho Yahya MM, pada September 2023 ini. 
 
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Prabumulih, akhirnya mengantongi 3 nama bakal calon PJ (Penjabat) Walikota Prabumulih.
 
Tiga nama tersebut yakni, Elman ST Sekda kota Prabumulih, yang kedua Ir H Amiruddin MSi selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Pemprov Sumsel, dan ketiga Indra Bangsawan SH MM selaku Kepala Inspektorat Kota Prabumulih.(*)
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: