Nilai Raport Pendidikan Membaik Malah Tak Membuat Bangga, Ada Apa .??

Nilai Raport Pendidikan Membaik Malah Tak Membuat Bangga, Ada Apa .??

Kabid Pembinaan SD , Kurnia Pratama SPd MSi --

Himbau Agar Kepsek, Guru dan Siswa Ikuti ANBK Secara Benar 

PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) saat ini sedang berlangsung. Melihat hasil raport pendidikan di dua tahun terakhir, ada perubahan yang sangat signifikan dari tahun 2021 ke 2023. Karena yang dinilai adalah mutu pendidikan suatu sekolah, sebagai upaya pengambilan kebijakan, namun ada yang salah kaprah dalam hal ini.

BACA JUGA:Manfaatkan Chromebook untuk ANBK Mandiri

Karena itu, Kabid pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Prabumulih, Kurnia Pratama SPd MSi, selalu mengingatkan agar para siswa, guru dan kepala sekolah di satuan pendidikan, khususnya tingkat Dasar, agar mengikuti ANBK secara baik dan benar-benar diikuti sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing.

BACA JUGA:Mulai Sosialisasikan Asesmen Nasional

"Kadang nilai baik itu bukan hal yang diharapkan jika memang akan berpengaruh buruk pada kebijakan dan program kerja satuan pendidikan bahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu sendiri. Karna nilai yang masih belum baik pada raport pendidikan itu menjadi dasar kita untuk merencanakan suatu kegiatan," ujar Kurnia, Rabu 13 September 2023.

Dia selalu mengingatkan bahwa Pelaksanaan Anbk bukan merupakan hal yang menentukan kelulusan ataupun berlomba-lomba meraih prestasi, melainkan sebagai salah satu upaya pemetaan mutu pendidikan di suatu sekolah. 

Sehingga jika semua soal yang dihadapi oleh siswa saat survei literasi dan numerasi, serta survei lingkungan belajar (surlingkar) benar-benar diisi sesuai dengan fakta dan kenyataan di lapangan, maka raport mutu sekolah bisa menjadi acuan dasar untuk menyusun program kerja Kepala Sekolah dan Dinas Pendidikan. 

BACA JUGA:Pendaftaran PPPK Prabumulih Kian Dekat, Berikut Link dan Jadwal Seleksi PPPK

"Kita dari Dinas Pendidikan melihat raport pendidikan Kota Prabumulih, mana yang Nilai belum baik, atau masih merah, maka itulah menjadi acuan kita dalam merencanakan kegiatan apa yang perlu kita lakukan. Begitu juga sekolah. Nah di tingkat Pusat juga begitu, melihat raport daerah. Jika semua sudah hijau, sudah baik, lalu apa yang akan di program untuk kemajuan kita," bebernya.

Diakui oleh ayah tiga anak ini, pada Tahun 2022 hasil ANBK raport pendidikan di lingkungan Pemerintah Kota Prabumulih mengalami peningkatan cukup signifikan dari 25% hingga meningkat menjadi 45%. Dalam penilaian literasi dan numerasi semua angka merah sudah bergeser ke angka kuning dan hijau . 

BACA JUGA:Seluruh Sekolah Diharapkan ANBK Mandiri

Namun pria ini mengatakan tidak begitu merasa bangga, karena Nilai raport yang komponennya masih merah itu dapat menjadi dasar acuan satuan pendidikan ataupun Dinas Pendidikan Kota Prabumulih untuk melaksanakan berbagai program kegiatan, jika semua nilai sudah baik maka apalagi yang harus kita programkan dan apalagi yang menjadi acuan kita untuk melaksanakan kegiatan. 

Dia mengatakan akan sangat bersyukur jika nilai tersebut benar-benar real benar-benar sesuai dengan kenyataan di lapangan. seperti kemampuan para guru dalam mengoperasikan komputer atau kemampuan literasi dan memerasi siswa yang memang benar-benar nyata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: