Ini Tahapan untuk Jadi Calon Guru Penggerak, Guru Wajib Tahu

Ini Tahapan untuk Jadi Calon Guru Penggerak, Guru Wajib Tahu

Co Kapten belajar.id, Linggawati SPd MM--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID- Untuk menjadi Calon Guru Penggerak (CGP), memang banyak hal dan tahapan yang harus dilalui oleh para guru. Melewati tahap demi tahap, tidak semudah yang dibayangkan.

BACA JUGA:Segini Jumlah Pendaftar CGP Angkatan 9-10 di Kota Prabumulih

Berikut tahapan mengikuti Seleksi CGP, menurut Co Kapten belajar.id Kota Prabumulih, Linggawati SPd MM,saat dibincangi portal ini, Sabtu 14 Januari 2023.

Pertama CGP harus mengunggah berkas dokumen seperti KTP, Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah dan RPP untuk simulasi mengajar.

Kemudian juga mengerjakan essay yang menceritakan pengalaman guru dalam melakukan perubahan di pembelajaran juga ada motivasi menjadi Guru penggerak, pengalaman berinteraksi dengan orang lain.

BACA JUGA:Begini Cara untuk Lulus Syarat Administrasi dan SKD CPNS 2023, Kamu Harus Siapkan dari Sekarang

 "Bahkan CGP harus menjelaskan pengalaman saat menghadap kesulitan atau tantangan, dan pengalaman saat menerima kritik saran maupun umpan balik," kata Linggawati.

Nah seleksi essay dan administrasi ini memakan waktu kurang lebih 2 bulan. Kalau lulus akan ada seleksi tahapan 2, nah  Seleksi tahap 2 akan dilakukan 2 kali juga.

BACA JUGA:Jika Lulus, Segini Besaran Gaji yang Bakal Diterima PPPK

Yaitu seleksi simulasi mengajar, untuk melihat kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid, pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. 

"Pada tahap ini, Guru akan dinilai langsung oleh 2 asesor saat simulasi mengajar. Dilaksanaakan secara online, praktik selama 10 menit dan tanya jawab terkait simulasi kurang lebih 10 menit," bebernya.

BACA JUGA:Hore... Selama Uji Coba Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Gratis

Nah setelah seleksi simulasi mengajar akan ada seleksi wawancara. Jadwalnya biasanya sekitar 2-3 minggu setelah simulasi mengajar. Saat wawancara, Guru akan diwawancara oleh 2 asesor terkait isi essay yang telah dibuat. Dan masih ada pertanyaan lainnya.

Waktu wawancara sekitar 2 jam, selesai wawancara tinggal menunggu pengumuman kelulusan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: