Selama Arus Mudik dan Balik, Hanya Tangani Satu Kasus Gawat Darurat

Selama Arus Mudik dan Balik, Hanya Tangani Satu Kasus Gawat Darurat

Tim medis yang ada di posko kesehatan PTM melakukan tindakan terhadap pasien kasus luka ringan. Foto: ist --

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.CO.ID - Selama arus mudik sejak H-7 Idul Fitri hingga Arus balik, minim kasus yang ditangani tim medis dinas kesehatan yang berjaga di pos pelayanan kesehatan arus mudik.
 
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, dr Hj Hesti Widyaningsih MM menuturkan ada 4 kasus sejak arus mudik hingga kemarin, Jumat 28 April 2023.
 
Adapun kasus tersebut, berupa pelayanan kesehatan dasar. "3 kasus di posko tugu nanas dan 3 kasus di posko tugu tani," kata dr Hesti.
 
 
Kemudian untuk kasus kegawatdaruratan, hanya 1 kasus di posko tugu tani. "Sementara ada 1 kasus pelayanan luka ringan itu di posko PTM," ucapnya seraya mengatakan pasien dilayani sesuai prosedur.
 
Meski demikian, posko yang disiapkan untuk arus mudik dan arus balik juga melayani pengunjung atau pengendara yang sekedar istirahat maupun cek kesehatan. "Yang sekedar istirahat dan cek ada, intinya petugas stanby," tukasnya mengatakan posko pelayanan kesehatan hingga 1 Mei 2023.
 
 
 
Untuk diketahui, dalam rangka arus mudik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah, Dinas Kesehatan Kota Prabumulih akan mengerahkan tim kesehatan di Posko Pelayanan Arus Mudik.
 
Adapun posko pelayanan tersebut tersebar di 5 titik termasuk posko pintu tol Indralaya - Prabumulih.
 
 
"Masing - masing posko ada 1 tim setiap hari, petugas yang diterjunkan adalah tim dari Puskesmas sesuai jadwal yang disusun," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih dr Hj Hesti Widyaningsih MM melalui Kabid Yankes dr Ersyika Aryani didampingi  Sub Koordinator Pelayanan Kesehatan Primer Lasia Warni SKM MSi, usai rapat koordinasi lintas sektoral di Polres Prabumulih, Selasa 11 April 2023.
 
 
 
Dilanjutkan Lasia, tim yang ada di pos pengamanan dan pos pelayanan tersebut berjumlah 4 orang.(08)
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: