Ortu Harus Fahami Bahaya Anak Yang Terlalu Muda Masuk SD

Ortu Harus Fahami Bahaya Anak Yang Terlalu Muda Masuk SD

Para siswa saat menulis jemputan orang tua sepulang sekolah. Foto; Eka/ PP--

PRABUMULIH, PRABUMULIHPOS.DISWAY.ID - Tes Baca tulis dan berhitung (calistung) untuk masuk SD tidak lagi menjadi syarat utama, karena pemerintah pusat Sudah menentukan usia anak untuk masuk jenjang pendidikan dasar itu minimal 7 tahun, dengan alasan kematangan pola pikir dan kesiapan menerima pembelajaran. 

BACA JUGA:Sertifikat Balita Sehat Menjadi Syarat Masuk SD di Kota Prabumulih

Setelah adanya kebijakan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2023 ini, orang tua telah melewati tahun-tahun sebelumnya yang sempat sangat merasakan. Dimana siswa di TK tidak boleh diajarkan tulistung, tapi saat daftar SD calistung di tes.

BACA JUGA:Pentingnya Memberikan Pengetahuan Yang baik dan Benar pada Anak sejak dini

"dengan dihapusnya tes calistung ini pada orang tua, Jangan lost control dengan kendornya lagi usia masuk TK. karena materi pembelajaran nanti tetap mengedepankan kematangan anak usia 7 atau 6 mendekati 7 tahun," ujar salah seorang Psikolog dunia pendidikan Anak di Banten, Nuha Wati di lam Instagram pribadinya.

BACA JUGA:Hebat, Ratusan Siswa Prabumulih Lolos Perguruan Tinggi Favorit

Setidaknya menurut wanita ini, Ada lima penyesalan yang paling banyak dia temui untuk anak-anak yang terlalu muda masuk SD, memang diakuinya tidak terjadi pada semua anak, tapi penting sebagai pertimbangan bagi yang belum memutuskan, silakan pahami dulu 5 hal ini.

 

Pertama, anak akan mengalami kesulitan berinteraksi sosial Hal ini akan berpotensi pada anak akan mengalami perundungan. Kedua fokus dan konsentrasi anak masih sangat pendek sehingga cukup berat untuk mengikuti proses pembelajaran. Ketiga, nampak mampu secara kognitif di awal namun akan menurun pada saat kelas tinggi, ke empat mudah anciety, cemas. Karena aspek tumbuh kembang belum matang secara sempurna, sedangkan anak akan diperlakukan lebih tua dari usianya.

BACA JUGA:Keren, Sekolah Sridevi DA5 Wakili Sumsel dalam Lomba Jajanan dan Kantin Sehat Tingkat Nasional

"Nah yang kelima ini juga akan menjadi penyesalan orang tua jika masuk SD diusia terlalu muda. Yaitu nak akan kesulitan mengelola emosi dan hal ini akan terbawa hingga dewasa. Dampak buruk ini adalah konsekuensi yang harus dibayar mahal, Karena itulah pertimbangkan lagi untuk orang tua yang ingin memasukkan anaknya di usia yang terlalu muda," tandasnya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: